widget

Rabu, 08 Februari 2017

kunjungan Konjen AS ke Toko Batik Merdeka Marlena

Kunjungan Mr. Joaquin Monserrate
 Konsultan Jendral (Konjen)Amerika Serikat
di Surabaya ke
Toko Batik Merdeka Marlena
Bangkalan, Madura
Perwakilan Amerika Serikat telah ada di Surabaya sejak 1866, ketika Carlo von Oven tiba di Indonesia sebagai Utusan Diplomatik AS di Surabaya. Pada Agustus 1890, John Lidgerwood diangkat menjadi diplomat pertama AS yang ditempatkan di Surabaya. Ini adalah periode ketika Jawa Timur mengalami kemajuan ekonomi, yang efek positifnya paling terasa di Surabaya, yang pada saat itu tumbuh pesat dari perdagangan rempah-rempah. Agen Konsuler AS mengirimkan laporan ke Kedutaan Besar AS di The Hague, Belanda terkait kepentingan Amerika di Surabaya.
Agen Konsuler AS adalah perwakilan yang sangat aktif, terutama karena kemajuan industri di Surabaya dan sekitar-nya, yang melibatkan perusahaan Amerika seperti General Motors. Pada tahun 1918, Agen Konsuler AS dinaikkan statusnya menjadi Konsulat penuh, dengan menempati kantor di Jl. Darmokali 38.
Banyak tokoh ternama yang pernah berkunjung ke Konsulat AS di Surabaya, mulai dari Senator Tydings dan Senator McAdoo, hingga ahli antropologi Margaret Mead. Konsulat AS di Surabaya pun sering menyambut tokoh-tokoh kenamaan, seperti Claudette Colbert pada 1931 dan Charlie Chaplin pada 1933.
Tahun 1950, Konsulat AS di Surabaya pindah ke Jl. Raya Dr. Soetomo 33.  Tanggal 1 Agustus 1990, Konsulat AS di Surabaya menjadi Konsulat Jenderal AS, seiring bertambah pesatnya perekonomian di Jawa Timur.  Pada  tanggal 9 April 2012, Konsulat Jenderal AS menempati kantor baru di Jl. Citra Raya Niaga No. 2.

Mr. Joaquin Monserrate yang menjadi komisaris jendral (komjen) Amerika serikat tahun 2012 sampai tahun 2015 beliau di pindah tugas,  Beliau akan berkantor di Kedutaan Besar AS, yang mana Kedubes AS di Meksiko merupakan consular operation terbesar di dunia (1 Kedutaan Besar, 7 Konsulat Jenderal, 2 Konsulat, dengan lebih dari 600 staff).

Di cela-cela tugasnya beliau menyempatkan untuk berkunjung ke Madura khususnya Bangkalan, beliau mencari oleh-oleh khas dari Madura, kebetulan beliau mencari souvenir ke Toko Batik Merdeka Marlena yang bertempat di Pasar wisata tradisional ki lemah dhuwur Bangkalan. Menjadi suatu kembanggaan tersendiri bagi saya menjadi orang Madura sekaligus bisa bercengkrama mengenai batik khas Madura di Toko Batik Merdeka Marlena.

0 komentar:

Posting Komentar