widget

Selasa, 31 Januari 2017

Batik Okel Tanjung bumi Dan Okel Pamekasan


Batik Okel
Tanjung Bumi
Bangkalan, Madura
          Berbicara tentang batik memang tidak akan pernah ada habisnya, berbagai macam motif dan ciri-ciri batik yang ada di daerah-daerah memiliki ciri khas yang berbeda. Bilang saja batik khas Madura yang biasanya terkenal dengan batik gentongannya karna prosesnya yang unik. Tanjung bumi bisa di bilang kecamatan penghasil batik, bukan hanya batik gentongannya tapi batik-batik yang biasapun juga banyak contohnya batik Okel ini, di pamekasan pun juga mempunyai batik yang bermotif okel. Ada ciri khas antara okel Tanjung bumi dengan okel Pamekasan, yang biasanya menonjol adalah batik okel tanjung bumi yang biasanya bermotif akar yang berkelut-kelut dengan motif bunganya akan tetapi yang beda adalah gambar burungnya, kalau batik okel Pamekasan menggunakan bunga, dan daun-daunan yang berbentuk okel.





ini motif okel Pamekasan yang identiknya dengan bunga dan daun-daunan. Dari segi warnah pun ada perbedaan kalau batik motif okel Tanjung bumi warnanya lebih cerah sedangkan motif okel Pamekasan lebih ke gelap.

Demikian tulisan ini di buat untuk menjaga kekayaan daerah, jika ada kritik dan saran silahkan, karna kita butuh kritik, saran untuk memperbaiki tulisan ini agar menjadi lebih baik lagi dan bisa kita jadikan acuan ketika menulis hal-hal yang lain. Mohon maaf kalau ada kesalahan di penulisan yang tidak sesuai.


Thank’s

0 komentar:

Posting Komentar