widget

Kamis, 02 Februari 2017

Batik Kembeng Sajeget Bunga Sejagat Bangkalan Madura

Batik Kembeng Sajeget
Bunga Sejagat
Bangkalan Madura

          Berbicara masalah batik Madura yang berbagai macam motif dan cara unik membuatnya memang tidak aka ada habisnya. Salah satunya adalah motif  batik kembeng sajeget (kembang sejagat), arti dari kembang sejagat (kembang sajeget) juga di kenal di kalanga orang-orang jawa kuno yang artinya kembang (kembang) bunga yang biasanya di gunakan oleh orang-orang jawa untuk ritual. Sedangkan sejagat (sajeget) adalah se alam atau yang biasanya di kenal di bahasa saat ini sedunia.

          Dalam kehidupan orang jawa kuno pun juga ada ajian yang di sebut kembang sejagat (kembeng sajeget) yang biasanya ajian ini di gunakan untuk memikat lain jenis agar suka terhadap orang yang mengamalknnya yang bisanya orang jawa sebut adalah sekar sejakad yang artinya sama dengan yang di definisikan di atas.

          Maka pembatikpun membuat batik motif kembang sejagat (kembeng sejagat) dengan motif yang banyak di hiasi bunga-bunga yang banyak dengan sedikit burung-burung yang indah menyinggapi bunganya itu. dengan motif yang indah ini pula pembatik juga mempunyai keyakinan teguh orang akan tertarik ketika melihat batik motif kembang sejagat (kembeng sajeget).
Demikian tulisan tentang batik ini yang penuh dengan kekurangan, kesalahan kami mintak tolong untuk komentarnya untuk memperbaiki tulisan ini agar lebih baik lagi. Mohon maaf jika ada salah di kata-kata ataupun menyinggung.

Thank’s

0 komentar:

Posting Komentar