widget

Jumat, 26 Juli 2019

Pasar Wisata Ki Lemah Duwur


Pasar Wisata Ki Lemah Duwur
( Toko Batik Merdeka Marlena )

            Pasar adalah salah satu estimasi bersejarah yang pada zaman dahulu menjadi pusat perekonomian masyarakat. Suatu daerah pada masa nya terlihat lebih maju saat pasar nya terlihat ramai, hal tersebut bisa membangu suatu daerah dari hasil umpeti yang di bayarkan pedangang kepada pemerintah, pada zaman dahulu di kelolah oleh kerajaan.
            Namun pada saat ini pasar tradisional memiliki saingan yang ketat dengan pasar medern, di kota – kota besar seperti jawa, jakarta dll, kebanyakan pasar tradisional kekurangan pengujung di karenakan saat ini masyarakat kota banyak memilih pasar modern untuk membeli kebutuhan sehari – hari.
            Pasar tradisional memiliki banyak keunikan di bandingkan dengan pasar modern, komunikasi yang sangat unik yang berada di dalam pasar tradisional dibandingkan dengan pasar moderen. Transaksi tawar menawar yang di lakukan oleh penjual dan pembeli itu adalah salah satu ciri khas pasar tradisional di bandingkan dengan pasar modern yang tidak ada tawar menawar karnah di pasar tersebut sudah di terterakan semau harganya.
            Berbicara tentang pasar tradisional, pasar wisata ki lemar duwur adalah salah satu pasar wisata tradisional yang berada di pulau madura tepatnya di kabupaten Bangkalan. Banyak berbagai pedangang di dalamnya bahan pokok sehari sampai pakaian dan batik khas pulau madura. Salah satunya adalah batik gentong yaitu batik khas tanjung bumi wilayah Bangkalan.
            Di dalam pasar wisata tradisional ki lemah duwur ada salah toko batik yang menjual berbagai macam batik bahkan baju dan camilan khas madura. Toko batik merdeka marlena adalah toko yang menyediakan itu semua.
            Pada saat hari wekend adalah salah satu pelancong dari jawa tengah tepatnya dari seragen, mereka tertuju ke toko batik merdeka marlena untuk membeli batik khas madura. Saat berbincang – bincang dengan supir trevel yang membawa pelancong tersebut, para pelancong ternyata menyukai kain batik khas madura. Cukup lama mereka memilah milah batik yang meraka kagum akan keunikan batik khas madura, khusunya batik getong khas tanjung bumi Bangkalan. Batik gentong yang katanya memiliki corak dan motif yang berbeda di bandingkan dengan batik khas daerah lainnya. Cara pewarnaan yang menggunakan bahan alam ( bahan tumbuh – tumbuhan ) memiliki warnah yang begitu berbeda di bandingkan dengan pewarnah buatan.

Mohon kritik dan saran para pembaca, dan mohon maaf saat ada kata dalam tulisan yang salah, terimah kasih atas kunjungannya.



0 komentar:

Posting Komentar