widget

Kamis, 02 Februari 2017

pasar wisata tradisional ki lemah dhuwur, Bangkalan Madura



Pasar
Bangkalan Madura

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur di mana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Pasar pada zaman sekarang terbagi menjadi 2 (dua) yaitu pasar tradisional dan pasar modern, pasar tradisonal sekarangpun sudah tersaingi dengan pasar-pasar modern dengan alasan tempat yang lebih bersih, tidak ada tawar menawar seperti yang terjadi di pasar tradisional.
Pasar juga bisa mengindetikkan suatu wilayahnya ataupun daerahnya, beragai macam keunikan-keunikan pasar seperti pasar terapung sungai Barito yang bertempat di kawasan kota Banjarmasin provensi Kalimantan selatan, karna factor daerah dan kawasan tersebut banyak sungai-sungai banyaknya masyarakat sekitar menggunakan perahu, transaksi jual beli terjadi di atas sungai Barito. Ada juga pasar yang unik di Indonesia tepatnya di Manodo, Pasar tradisional Tomohon yang menjual danging-danging hewan yang tidak di jual di pasar yang lain. Di pasar tradisional Tomohon menjual berbagai macam hewan yang ekstrim dari ular, tikus kelelawar dll, yang tidak ada di daerah ataupun pasar-pasar yang lain.
Kalau di Madura sendiri banyak pasar, yang unik dari Madura adalah pasar yang di tentukan waktunya seperti pasat Senin dimana pasar tersebut akan ramai ketika hari Senin dan banyak lagi keunikan-keunikan yang lain di pasar Madura.
Pasar di Bangkalan yang terletak di barat pulau Madura khususnya di pasar wisata tradisional ki lemah dhuwur, nama ki lemah dhuwur itu di ambil dari nama raja yang pernah memimpin Madura barat, dengan pemikirannya kemakmuran dan kemajuan rakyatnya. Dengan itu adanya pasar ki lemah dhuwur agar tidak melupakan sejarah orang pernah memakmurkan Madura barat yang sekarang di sebut Bangkalan.

Unik bukan ketika kita berbicara tentang masalah pasar, walaupun di jaman yang modern ini orang golongan menengah ke atas memilih mall untuk belanja, tidak ada keunikan di pasar modern di bandingkan dengan pasar tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar