widget

Senin, 06 Februari 2017

Batik Pamekasan







Batik Pamekasan
 Madura

           Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang terkenal dimata dunia, dengan  memperlihatkan ciri khas corak, warna dan proses teknik pewarnaan dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya batik yang berasal dari Madura. Madura memiliki 4 kabupaten (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep) yang mempunyai ciri khas masing-masing, khususnya batik yang berasal dari kabupaten Bangkalan desa Tanjung Bumi. Tradisi membatik telah diajarkan secara turun-temurun, sehingga batik Tanjung Bumi dapat bertahan hingga saat ini. Batik Tanjung Bumi merupakan salah satu batik yang sangat terkenal di Indonesia, batik tersebut mempunyai ciri khas motif yang sangat mencolok dari motif batik daerah lainnya, yaitu bentuk corak hewan dan tanaman.  batik Pamekasan, lebih berani memilih warna-warna yang keluar dari ‘pakem’ seperti orange, hijau menyala, ungu, kuning dan warna pop lainnya. Untuk desain juga, batik Pamekasan lebih berani dan bervariasi dan desainnyapun sangat beragam. 















          Bukan hanya motif ataupun corak yang berfariasi akan tetapi harga pun berfariasi tergantung dari kesulitan motifnya dan proses pembatikanya. Harga batik Pamekasan di atas ini berkisaran Rp 100.000,oo an, yang banyak terjual di pasar terutama di pasar wisata tradisional ki lemah dhuwur Bangkalan. Dimana pusat bermacam-macamnya motif  dan corak dari batik khas Bangkalan sampai batik kha Pamekasan.

Untuk melihat berbagai macam batik dan motif yang lainnya bisa langsung ke pasar tradisional ki lemah dhuwur Bangkalan tepatnya di took batik merdeka Marlena, atau bisa lihat di facebook kami “rania dwi” atau bisa hubungin lewat WA : o87849839029, BBM : 5B8A0807 atau di toko online http://tokobatikmerdekamarlena.jejualan.com/

Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan tempat dan nama kami mohon maaf, kritik dan saran anda bisa akan membuat tulisan ini akan lebih baik, mohon kalau ada kekeliruan untuk kita perbaiki ulang tulisan ini.
Thank’s








 















0 komentar:

Posting Komentar