widget

Minggu, 15 Januari 2017

Batik Gentong panji shusi


Batik Gentong panji shusi
Tanjung Bumi
Bangkalan, Madura


Dari kesekian banyak bermacam-macam batik yang ada di Nusantara, Madura memiliki ciri khas  yang melambangkan tentang madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang batik gentong tanjung bumi. Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik.

Dari berbagai macam banyak batik yang ada di Madura khusunya batik gentong tanjung bumi. Salah satunya yang bermotif panji shusi yang artinya adalah suatu kebanggaan ataupun kekuasaan. Menurut pagatoa (sesepuh ) panji shusi adalah sebuah kebangga yang dimana hal itu yang bersangkutan dengan sifat orang Madura asli bahwa mereka tetap akan memengang teguh kebanggan / kekuasaan mereka yang di perolehnya. Di batik panji shusi ini pula tertuang gambar bunga yang tegak dan memiliki arti dan makna yang sangat dalam. Bunga yang melambangkan keangguna dan keeleganan di buat tegak tak tergoyahkan juga melambangkan sifat orang Madura yang tetap menjaga kehormatannya artinya kehormatan bagi orang Madura juga bias di deskripsikan sebagai kekuasaannya yang harus di jaga.


Sesepuh batik yang membuat panji shusi ini pula yang menyebutkan bahwa sanya motif ini elegan dan memiliki makna keangungan.

0 komentar:

Posting Komentar