widget

Senin, 16 Januari 2017

batik motif perkutu


Batik Gentong perkutut
Tanjung Bumi
Bangkalan, Madura


Dari kesekian banyak bermacam-macam batik yang ada di Nusantara, Madura memiliki ciri khas  yang melambangkan tentang madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang batik gentong tanjung bumi. Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik.
Dari berbagai macam banyak batik yang ada di Madura khusunya batik gentong tanjung bumi. Salah satunya yang bermotif perkutut terinspirasi dari burung yang memiliki makna bagi orang jawa, khususnya daerah jawa tengah. Burung perkutut adalah binatang sakral dan penuh mitos karena pengaruh legenda Joko Mangu. Legenda tersebut menyatakan pada jaman Kerajaan Majapahit ada burung perkutut milik Prabu Brawijaya V (raja Majapahit terakhir) yang merupakan jelmaan Pangeran dari Pajajaran yang bernama Joko Mangu. 
Suatu hari Burung Perkutut dengan nama Joko Mangu lepas dari sangkar tetapi berhasil diketemukan kembali oleh sang raja dalam perjalanannya di wilayah Yogyakarta. Tepatnya, ditemukan di daerah kretek, dekat Imogiri, Kabupaten Bantul. Sejak saat itu sampai sekarang, raja-raja Mataram keturunan Prabu Brawijaya penguasa Majapahit selalu melestarikan dan mentradisikan kekukututan (memelihara perkutut) dalam kehidupan Keraton Ngayogjakarta. Kekukututan dianggap memiliki nilai-nilai budaya adiluhung. Sejak Juni 1990 burung perkutut dijadikan maskot Propinsi DI Yogyakarta. 


”Kukila sendiri itu berarti manggung atau manuk anggung-anggungan
         
          Begitu pula dengan masyarakat Madura yang masih menyakini burung perkutut memiliki filosofis yang tinggi, yang dituangkan dalam kain untuk di jadikan suatu motif yang unik dan memiliki filosofi yang sangat dalam. Di batik motif perkutut inilah juga di ceritakan bahwa perkutut adalah salah satu burung yang Suara anggungannya dapat memberikan suasana tenang, teduh, santai bahagia dan seolah-olah manusia dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung. Selain dari itu perkutut memiliki keistimewaan luar biasa karena dianggap memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi pemiliknya. sama pula dengan batik motif yang ini kelihatan anggung dan sedap untuk di pandang. 


0 komentar:

Posting Komentar