widget

Sabtu, 14 Januari 2017

Batik Jukok Kenduy

Batik Tanjung Bumi Bangkalan
Motif
Jukok Kenduy (ikan tengiri)


 Pengertian Batik
Batik merupakan budaya yang telah lama berkembang dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kata batik mempunyai beberapa pengertian. Menurut Hamzuri dalam bukunya yang berjudul Batik Klasik, pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang. Zat perintang yang sering digunakan ialah lilin atau malam.kain yang sudah digambar dengan menggunakan malam kemudian diberi warna dengan cara pencelupan.setelah itu malam dihilangkan dengan cara merebus kain. Akhirnya dihasilkan sehelai kain yang disebut batik berupa beragam motif yang mempunyai sifat-sifat khusus.
Secara etimologi kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu”tik” yang berarti titik / matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik” (Indonesia Indah ”batik”, 1997, 14). Di samping itu mempunyai pengertian yang berhubungan dengan membuat titik atau meneteskan malam pada kain mori. Menurut KRT.DR. HC. Kalinggo Hanggopuro (2002, 1-2) dalam buku Bathik sebagai Busana Tatanan dan Tuntunan menuliskan bahwa, para penulis terdahulu menggunakan istilah batik yang sebenarnya tidak ditulis dengan kata”Batik” akan tetapi seharusnya”Bathik”. Hal ini mengacu pada huruf Jawa ”tha” bukan ”ta” dan pemakaiaan bathik sebagai rangkaian dari titik adalah kurang tepat atau dikatakan salah. Berdasarkan etimologis tersebut sebenarnya batik identik dikaitkan dengan suatu teknik (proses) dari mulai penggambaran motif hingga pelorodan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari batik adalah cara pengambaran motif pada kain ialah melalui proses pemalaman yaitu mengoreskan cairan lilin yang ditempatkan pada wadah yang bernama canting dan cap.

Batik gentong tanjung bumi adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan budaya yang ada di Indonesia. batik gentong tanjung bumi yang terletak di daerah pulau madura kabupaten Bangkalan, sudah banyak orang yang mengetahui tentang kualitas dan banyaknya motif-motif yang sangat unik dan memiliki ciri-ciri khas yang melambangkan tentang madura itu sendiri. Prosesnya pun terbilang cukup unik tidak seperti batik-batik umumnya banyak berbagai wisatawan yang ingin mengetahui proses pembuatan batik gentong tanjung bumi tersebut. Berbagai banyak macam-macam motif batik tanjung bumi termasuk salah satunya batik gentong motif jukok kenduy (ikan teri). 

Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :
Langkah awal adalah menyiapkan kain yang akan dibatik.Kain ini kemudian diberi minyak khusus yang dibuat dari buah camplong bernama minyak dempel.Caranya adalah dengan mencelup kain dalam minyak dan menjemurnya tiga kali sehari selama dua minggu. Tujuannya adalah agar gerakan pengrajin batik melukis diatas kain mejadi lebih halus dan serat kain menjadi lebih rapat.Setelah itu,barulah dilakukan proses menggambar motif awal batik diatas kain.
Untuk proses perendaman warna,dilakukan dengan merendam kain pada gentong yang ditempatkan di suatu ruang yang kedap cahaya. Gentong dipakai untuk merendam kain batik berbahan pewarna alami, seperti kulit mengkudu, buah jelawe, kulit pohon jati, kayu jambal, tawas, dan jirek.
Pengrajin batik akan mencelup-celupkan kain batik dalam gentong,mendiamkannya selama 24 jam,lalu mengulang mencelup-celupkannya lagi.Hal ini dilakukan selama enam bulan sampai satu tahun.Hal inilah yang menyebabkan harga kain batik Gentongan mencapai dua hingga lima juta rupiah perpotongnya.Dibutuhkan dedikasi yang tinggi untuk membuatnya.
Ada yang menarik sekali dari batik Gentongan yang tidak terdapat pada kain batik dari daerah manapun juga,yaitu bahwa jenis batik ini dilukis pada kedua sisi kain,bagian sisi luar dan dalam.Tehnik pewarnaannya dengan menggunakan malam sengaja dibuat tidak menutup sempurna sehingga membentuk retakan-retakan alami yang indah.
Hal ini menarik minat beberapa designer ternama untuk menggunakan batik Gentongan sebagai bahan baju yang dirancangnya.sudah selayaknya,kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dengan uniknya proses pembuatan batik Gentongan yang di seluruh dunia ini,hanya terdapat di Madura saja.
Batik tulis,memang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan batik printing atau batik cap.Walaupun demikian,terdapat juga batik printing dengan kwallitas kain dan pewarnaan yang lebih baik ketimbang batik printing lainnya.
karna tanjung bumi adalah daerah pesisir sebagian masyarakatnya banyak yang menjadi nelayan. para pembatik terinspirasi dari ikan teri atau yang biasa di sebut orang madura jukok kenduy, karna filosofi jukok kenduy (ikan teri) adalah ikan yang bentuknya kecil akan tetapi memiliki gizi yang sangat luar biasa, walaupun ikan tersebut kecil ketika dijual tergolong sangat mahal. Dan bentuk dari ikan tersebut pun indah walaupun sederhana.
Inspirasi dari ikan teri itulah maka pembatik tanjung bumi memiliki inisiatif membuat batik yang matifnya sederhana akan tetapi kelihatan sangat elegan dan indah. 

1 komentar:

  1. Jukok kenduy kok tengiri, yang bener ikan teri kecil-kecil. Kalau tengiri ikan besar bos.

    BalasHapus